Profil Perpustakaan
The library of global surya berada di area lingkungan sekolah global surya menempati area seluas 215m2. Yang dilengkapi dengan fasilitas ruang belajar yang nyaman dan bersih.
The library of global surya memiliki koleksi sebanyak 1.000 judul dan akan terus ditambahkan dengan koleksi-koleksi terbaru. .
The library of global surya dilengkapi juga dengan fasilitas internet untuk mempermudah pengunjung dalam mengakses informasi. .
The library of global surya diperuntukan bagi seluruh civitas akademik Global surya. Dengan jam pelayanan hari senin-jum’at dibuka pukul 08.00-16.00 WIB. Kecuali hari sabtu dibuka pukul 08.00-12.00 WIB.
Administrasi Pelayanan The Library Of Global Surya
1. Pendaftaran Anggotan Perpustakaan
Tujuan : Agar data mahasiswa yang menjadi anggota perpustakaan terdaftar dalam data base perpustakaan.
Prosedur :
★ Siswa/I menunjukan Kartu Pelajar yang asli atau copy;
★ Petugas memfoto Siswa/I;
★ Petugas mengentri data anggota perpustakaan kedalam database
2. Layanan Pembaca
Tujuan : Memberikan layanan kepada pengguna yang ingin membaca dan mencari buku.
Prosedur :
★ Siswa/I datang melepas sepatu dan sandal kemudian menaruh di rak sepatu;
★ Siswa/I menaruh barang bawaan ke loker;
★ Siswa/I memasukan nama, NIS serta tujuan datang keperpustakaan di kertas absensi;
★ Siswa/I mencari buku berdasarkan judul, pengarang di komputer searching;
★ Siswa/I mencari buku berdasarkan rak- rak buku sesuai dengan jenis rak;
★ Jika mahasiswa menemukan buku tersebut, buku diambil dari rak dan di baca di meja baca;
★ Untuk meminjam buku tersebut, Siswa/I langsung menuju meja petugas perpustakaan;
★ Setelah membaca, buku diletakkan di meja yang telah disediakan .
3. Peminjaman Buku
Tujuan : Melayani peminjaman buku Siswa/I
Prosedur :
★ Petugas memberikan informasi terkait peraturan peminjaman buku serta alur pengembalian buku setelah itu;
★ Siswa/I anggota perpustakaan mencari koleksi buku pada komputer searching yang didampingi oleh petugas perpustakaan;
★ Siswa/I mengambil buku dirak buku;
★ Siswa/I menyerahkan Kartu Pelajar kepada petugas;
★ Petugas mengecek pada database keanggotaan Siswa/I .
★ Jika benar sudah terdaftar sebagai anggota, petugas memproses buku yang akan di pinjam. Jika ternyata belum terdaftar sebagai anggota petugas mengaktifkan keanggotaan;
★ Jika Siswa/I telah aktif proses peminjaman dilanjutkan;
★ Petugas mengecek jumlah maksimum yang dapat dipinjam mahasiswa;
★ Jika tidak ada pinjaman berarti masih bisa meminjam maksimal 2 buku, jika masih ada 1 pinjaman berarti masih dapat meminjam 1 buku dan jika masih ada 2 pinjaman buku mahasiswa tidak diperbolehkan untuk meminjam buku;
★ Petugas menscan barcode pada buku untuk proses data ke dalam database perpustakaan;
★ Petugas menstempel tanggal kembali pada buku;
★ Petugas menyerahkan buku;
★ Proses peminjaman selesai.
4. Peminjaman Guru dan Staff
Tujuan : Melaksanakan prosedur peminjaman sesuai peraturan yang berlaku.
Prosedur:
★ Petugas memberikan informasi terkait peraturan peminjaman buku serta alur pengembalian buku setelah itu;
★ Guru/ staff mencari buku di komputer searching buku;
★ Guru / staff mencari buku secara langsung;
★ Petugas Mencatatat nama dan nomor karyawan;
★ Petugas mencatat buku yang akan dipinjam;
★ Petugas mempersilahkan dosen/ staff untuk memerikan paraf pada buku peminjaman;
★ Proses peminajaman selesai.
5. Pengembalian Buku
Tujuan : Melayani pengembalian buku mahasiswa.
Prosedur :
★ Siswa/I perpustakaan menyerahkan buku kepada petugas;
★ Petugas memberikan date / tanggal kembali pada buku;
★ Jika terlambat, petugas menginformasikan jumlah denda kepada mahasiswa;
★ Petugas mengcan buku, serta memeriksa buku yang akan di kembalikan lalu; mencocokan nama peminjam Kartu Pelajar;
★ Menyimpan transaksi pengembalian buku;
★ Petugas menyerahkan Kartu Pelajar;
★ Proses pengembalian selesai.
6. Pemberian Denda Perpustakaan
Tujuan : Memberikan solusi kepada pengguna agar mengembalikan tepat waktu
Prosedur :
★ Petugas mengecek date atau tanggal pengembalian dan menghitung jumlah hari keterlambatan berdasarkan system
★ Petugas membuat form denda.
★ Form denda diserahkan kepada Siswa/I
★ Siswa/I menyerahkan uang sesuai ketentuan denda.
★ Petugas membukukan form denda.
★ Petugas memberikan Kartu Pelajar kepada mahasiswa
7. Surat Teguran
Tujuan : Mengingatkan pengguna bahwa mereka telah melanggar peraturan.
Prosedur :
★ Mengecek data peminjaman buku Siswa/I yang telah melewati 1 bulan lebih dari batas waktu yang telah ditentukan;
★ Cetak list teguran untuk Siswa/I dan Guru;
★ Untuk Siswa/I tempel di mading;
★ Untuk staff pengajar surat teguran dikirim ke prodi.